Selasa, 17 April 2012

mengkoneksikan smint di rumah dan toko

Meng-Koneksikan Program SMINT Yang Ada di-Rumah dan Toko Menggunakan VPN Hamachi
Banyak yang bertanya bisa tidak kalau program SMINT yang ada di toko saya liat laporannya dari rumah ?,
Jawabannya BISA, syaratnya kedua komputer yang terinstall SMINT harus terhubung ke-INTERNET.
Terlebih dahulu kita asumsikan disini bahwasanya komputer yang akan digunakan sebagai Server telah terinstall Program SMINT dan berjalan dengan baik,
karena nantinya yang akan kita setting di sisi Client nya.
Sebelum itu download dulu Software hamachin.
Langkah pertama yaitu, instalasi program Hamachi pada komputer yang akan dijadikan komputer Server atau Toko.
Instalasi Software Hamachi untuk program SMINT pada komputer Server

Ikuti petunjuk instalasi hamachi (Next kan aja terus, abaikan aja kalo ada pertanyaan) hingga Finish.

Selanjutnya setelah Klik tombol Finish akan tampil seperti gambar dibawah, Klik tombol yang dilingkari untuk mengaktifkan Hamachi agar terhubung ke Server Hamachinya dan mendapatkan IP.

Langkah selanjutnya menentukan nama komputer yang akan digunakan sebagai server SMINT dan untuk pemberian nama komputer ini juga dapat dilakukan atau diganti nantinya, selanjutnya tekan tombol CREATE dan tunggu beberapa saat.

Jika koneksi anda lancar dan tidak ada masalah pada saat instalasi akan tampil seperti gambar dibawah, komputer anda akan diberikan IP (perhatikan yang didalam kotak merah), jika IP sudah tampil disini dan buka 0.0.0.0 lagi, berarti anda telah sukses menginstall Hamachi, Selanjutnya Klik tombol CREATE A NEW NETWORK

Setelah berhasil mendapatkan IP, selanjutnya kita akan membuat Network Group yang baru, isikan NETWORK ID yang anda inginkan disini (kalo bisa namanya yang gampang diingat dan jangan terlalu panjang) dan isikan juga Password untuk masuk ke jaringan ini nantinya.

Jika Network ID yang anda isikan belum digunakan orang lain, maka akan tampil Hamachi seperti dibawah ini.

Sampai disini, instalasi dan settingan untuk hamachi pada komputer Server atau Toko anda telah selesai, untuk program SMINT tidak ada yang perlu di setting.
Langkah selanjutnya adalah Instalasi Hamachi pada Komputer Client (Rumah).
Install hamachi persis sama pada saat kita menginstall Hamachi pada komputer Server (Toko)
Selanjutnya kita aktifkan Hamachi di Client (Rumah), tekan tombol yang dikasih tanda warna Hijau

Membuat nama komputer Client yang akan ditampilkan pada jaringan nantinya.

Jika koneksi lancar dan tidak ada gangguan akan tampil seperti gambar dibawah, komputer anda juga akan diberi IP oleh server Hamachi, Selanjutnya klik tombol JOIN AN EXISTING NETWORK untuk menghubungkan jaringan yang ada dirumah dengan yang ditoko.

Setelah itu isikan Network ID yang telah kita buat pada saat instalasi Hamachi untuk server sebelumnya, kemudian isikan juga Password nya, klik Join agar terkoneksi ke Server Hamachi dan jaringan yang kita buat tadi.

Sampai disini instalasi Hamachi untuk client Selesai, perhatikan gambar dibawah, jika settingan dan internet anda lancar maka akan tampil Nama Network yang kita buat sebelumnya beserta Nama Komputer yang terhubung kedalam jaringan yang kita buat tadi. Anda dapat membuat lebih dari satu client dan pada versi gratis ini, HAMACHI hanya membatasi hingga 5 Komputer yang terkoneksi dalam jaringan yang anda buat.

Untuk menguji apakah koneksi yang kita buat tadi benar - benar berhasil kota coba dengan melakukan ping ke komputer Server SMINT atau Toko tadi dengan cara klik kanan di program Hamachi nya (perhatikan gambar dibawah) dan pilih PING, jika ping anda mengalami gangguan ke komputer Server perhatikan Windows Firewall dan Antivirus yang ada di komputer server, dalam beberapa kasus, jika kita mengaktifkan Windows Firewall komputer lain tidak akan dapat melakukan ping begitu juga dengan beberapa antivirus ada yang memblok koneksi jaringan untuk Port -port tertentu.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga gambar lingkaran kecil disebelah kiri hamachi, jika gambar berwarna HIJAU maka bisa dikatakan koneksi ke komputer tersebut tidak mengalami masalah, dan jika gambar lingkarannya berwarna merah, maka koneksi ke komputer tersebut mengalami gangguan, gangguan ini tadi bisa jadi karena Firewall atau memang Hamachi nya di Non Aktifkan atau bahkan komputer/Internet nya yang memang mati.
Langkah Terakhir yang harus kita lakukan adalah melakukan konfigurasi pada komputer Client,
Untuk Windows XP (Windows yang lain menyesuaikan), Klik Start Menu >> Settings >> Control Panel >> Adimisntrative Tools >> Data Source (ODBC)

Kemudian Pilih dbsmint >> Klik Configure
Selanjutnya ganti MySQL Host (name or IP) menjadi IP Server Computer Server Hamachi tadi, Perhatikan gambar yang dikasih tanda kotak.

Selanjutnya anda sudah dapat menjalankan program SMINT seperti biasanya, bedanya disini koneksi nya sudah bukan lagi ke Database local tapi sudah terkoneksi ke Database Server SMINT atau toko.

Gambar berikut merupakan tampilan program Hamachi yang ada di Komputer Server atau Toko


Seabagai catatan kaki :)
Pada saat menginstall Program SMINT untuk komputer Client MySQL tidak perlu diinstall atau diceklist pada pilihan install-nya


Karena nantinya program SMINT juga akan membaca data yang berada di Server atau Toko bukan yang di data Local, selain itu anda juga dapat menginstall lebih dari satu client yang terhubung ke Database Server baik itu menggunakan Hamachi sebagai VPN atau jaringan LAN biasa. 

terimakasih

Tidak ada komentar: